Simulasi Sistem: Komponen

Komponen-komponen simulasi sebagai berikut:

Simulasi3

Entitas:

Entitas atau objek kajian dalam sistem adalah item-item objek yang diproses melalui sistem seperti produk, pelanggan, dan dokumen. Entitas dapat memiliki karakteristik-karakteristik yang unik seperti biaya, ukuran, prioritas, kualitas, atau kondisi. Entitas dapat dapat dikelompokkan menjadi manusia atau hewan (pelanggan, pasien, dsb), non-manusia (produk, komponen, dokumen, sampah, dsb) dan intangible (panggilan telepon, surat elektronik, dsb).

Atribut:

Atribut adalah properti atau sifat suatu entitas.

Activities:

Aktivitas dapat diartikan sebagai kegiatan/tugas yang dilakukan entitas dalam periode waktu tertentu, dapat juga dipandang sebagai tugas-tugas yang dilakukan dalam sistem (baik secara langsung maupun tidak langsung) dalam memproses entitas. Contoh aktivitas adalah melayani nasabah, memotong komponen, memperbaiki sebuah peralatan, dsb. Aktivitas memerlukan waktu dan kadangkalan memerlukan sumber daya. Aktivitas dapat diklasifikasikan sebagai aktivitas memproses entitas (check-in, inspeksi produk, fabrikasi, dsb), perpindahan entitas dan sumber daya (pepindahan forklift, pepindahan dalam ban berjalan, etc), dan penyesuaian/perbaikan/perawatan sumber daya (setup mesin, perbaikan mesin, dsb).

State:

State adalah variable yang mendeskripsikan status sistem pada satu waktu tertentu relatif terhadap tujuan kajian.

Event:

Event adalah suatu kejadian (instan) yang dapat mengubah status sistem (variable state). Endogeneus event adalah  aktivitas atau kejadian yang terjadi dalam sistem, misalnya kejadian selesainya sebuah pelayanan seorang nasabah. Exogenous event adalah aktivitas atau kejadian di luar sistem (lingkungan) yang mempengaruhi sistem, misal kedatangan seorang nasabah ke dalam bank.

Sumber Daya:

Sumber daya (resources) adalah suatu objek atau peralatan yang digunakan dalam melakukan suatu aktivitas. Sumber daya menyediakan dukungan fasilitas, peralatan, dan tenaga kerja untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Sumber daya biasanya memiliki karakteristik berupa kapasitas, kecepatan, cycle time, dan reliability. Sumber daya dapat dikelompokkan berupa human or animate (operator, dokter, petugas perbaikan, dsb.), inanimate (peralatan, perlengkapan, ruang kerja, dsb.), dan intangible (informasi, daya listrik, dsb.). Sumber daya juga dapat diklasifikasi sebagai sumber daya yang dedicated atau shared, permanent atau consumable, dan mobile atau stationary.

Simulasi4