Penilaian Tugas Akhir

Penilaian tugas akhir di Jurusan Teknik Industri UNS sebenarnya sudah cukup bagus, namun dalam proses penilaiannya bisa tidak sebagus apa yang terlihat. saat seminar atau sidang, komponen penilaian terdiri dari Presentasi (20%), Penulisan Laporan (20%), Diskusi Tanya Jawab (40%) dan Topik dan Materi (20%). Kemudian nilai itu merupakan rata-rata dari penilaian 4 dosen penguji. Adapun nilai akhir tugas akhir merupakan gabungan dari nilai seminar, nilai sidang, dan nilai bimbingan tugas akhir yang bobotnya saya lupa. Nilai bimbingan itu sendiri terdiri dari 2 komponen yaitu nilai proses pembimbingan dan nilai kuliah mandiri.

Permasalahan yang menurut saya krusial adalah justifikasi dan bagaimana ukuran presentasi, penulisan laporan dan diskusi tanya jawab dapat dinilia bagus ? Secara khusus komponen keempat topik dan materi layaklah dinilai bagus semua karena sudah melalui proses penyaringan dan diskusi panjang untuk bisa disetujui sebagai sebuah tugas akhir. Kembali pada ketiga komponen tersebut, menurut saya tidak ada standar baku pada ketiganya, misal standar sebuah penulisan laporan berkategori baik atau kurang baik. Lagi-lagi disini menuntut kejelian dan objektivitas 4 dosen penguji atau penilai. Meski demikian, sangat mungkin subjektivitas memberi andil sangat besar dalam penilaian itu.

Epilog:

Malam yang bergerak terus diiringi suara nasyid mengalun merdu, Teringat diri akan kondisi dimana terkadang “dosen” yang memberikan nilai tanpa memperhatikan komponen penilaian dan lebih kepada subjektifitas terhadap personal mahasiswa. Apapun itu, diri ini berpesan kepada adik-adik mahasiswa agar tunjukkanlah semangat “effortdalam belajar dan berusaha memberikan yang terbaik bagi Tugas Akhir kalian, bukan merasa cukup dan merasa sudah tidak mampu. Yakinlah bahwa dalam tugas akhir selalu saja ada kelemahan dan kekurangan, itu wajar bagi sebuah penelitian. Jadi teringat pesan dosen dahulu bahwa tugas akhir itu boleh salah dan lemah, namun tidak boleh bohong atau manipulasi.  Yakinlah pula bahwa semangat berusaha lebih tinggi nilainya bukan saja bagi kesuksesan tugas akhir, namun lebih jauh bagi kesuksesan di dunia kerja. Oleh karena itu wajar apabila dosen memberikan nilai berdasarkan pengamatan terhadap effort yang kalian lakukan, baik effort dalam menulis maupun menjawab diskusi…

Yuup   kembali menikmati alunan nasyid yang bagus-bagus dari radio…

“Cucuran air mata yang ingat dosa2, ingin rasanya mengulang masa disaat waktu yang sia-sia”